Jalan Cepat sangat Baik untuk Kesehatan Kita

0
elaborasi-hidup-sehat-dengan-jalan-kaki

Menjadi bugar, tidaklah sesulit yang anda pikirkan sebelumnya

elaborasi.com – Bagi sementara orang, menjadi orang yang cukup berolahraga untuk hidup sehat adalah menjadi sebuah tantangan tersendiri. Apalagi jika anda adalah seorang pekerja kantoran, tentunya anda mengetahui benar bagaimana keluar dari situasi dimana anda bisa seharian bekerja dengan hanya duduk di meja kantor anda. Lagian siapa yang punya waktu untuk urusan kebugaran sementara masih banyak hal lain di pekerjaan yang menyita waktu dan pikiran anda.

Pada kenyataannya, menjadi bugar, tidaklah sesulit yang anda bayangkan sebelumnya. Berikut adalah beberapa hal temuan yang terkait dengan pembahasan di atas.

Pejalan cepat memiliki umur yang lebih panjang

Jika anda mendapatkan diri anda terganggu dengan situasi dimana anda terjebak dijalanan dibelakang orang-orang yang berjalan lebih lambat dari anda, maka bersabarlah karena penelitian menemukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan berjalan dengan cepat memiliki harapan hidup yang lebih lama dibandingkan dengan orang yang terbiasa berjalan dengan lebih lambat. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa faktor berat badan tidaklah menjadi faktor yang menentukan, artinya orang gemuk dengan kebiasaan berjalan cepat, memiliki harapan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang kurus yang kebiasaan berjalannya lebih lambat.

10.000 langkah sehari adalah terlalu berlebihan

Kebanyakan kita sangat terbiasa dengan konsep 10.000 langkah sehari agar kita tetap sehat dan bugar. Tapi berdasarkan peneliti I-Min Lee of Brigham and Women’s Hospital menyatakan bahwa angka sebesar itu datang dari sebuah kampanye marketing produk pedometer dan bukan kebenaran ilmiah yang sesungguhnya. Dia meminta 17.000 wanita dengan usia rata-rata 72 tahun untuk mengenakan alat untuk mencatat langkah (steps) yang dilakukan dan kemudian menganalisa seberapa banyak langkah yang relevan terkait dengan menambah umur panjang seseorang. Peserta yang melakukan 4.000 langkah sehari ditemukan 40% sedikit lebih banyak meninggal dibanding mereka yang hanya melakukan 2.700 langkah. Dan mereka menemukan bahwa tidak ada penambahan harapan hidup untuk wanita yang melakukan komitmen lebih dari 7.500 langkah dalam sehari.

Berolahraga membuat anda merasa lebih baik daripada sekedar memiliki uang

Ada sebuah alasan mengapa orang sukses memiliki kebiasaan melakukan latihan olahraga secara teratur. Selain untuk membantu memelihara kesehatan badan, latihan juga baik untuk pikiran dan otak. Orang yang secara fisik selalu aktif maka dia akan lebih baik secara mental dibanding dengan orang yang memiliki gaya hidup mager alias malas gerak. Dan ditemukan pula bahwa orang yang aktif secara fisik, mampu menghasilkan penghasilan yang lebih dibanding orang yang cenderung hidupnya malas untuk bergerak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here