9 Kebiasaan yang Akan Meningkatkan Sistim Kekebalan Tubuh Anda

0

elaborasi.com, – Apa yang anda makan, sikap anda, dan seberapa aktif anda berolahraga dan semuanya itu menjadi faktor yang bermain didalam memperkuat sistim kekebalan tubuh (immune) anda dan untuk mencegah agar anda tidak mudah sakit.

Tertawa Lepas

Tertawa lepas adalah salah satu cara jitu untuk meningkatkan sistim kekebalan tubuh (immune) dan mood anda. Hal itu menaikkan tingkat zat antibodi di dalam darah dan dimana sel darah putihnya berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus. Selain daripada itu, juga menaikkan jumlah zat antibodi di dalam hidung dan saluran pernapasan yang merupakan pintu masuk dari banyak kuman dari luar tubuh.

Bernyanyi Sepuasnya

Sebuah studi dari paduan suara di jerman menemukan bahwa dengan menyanyi akan membantu menaikkan konsentrasi darah yang mengandung zat antibodi dan meningkatkan sistim immune kita. Jika paduan suara adalah bukan untuk anda, siapkan suara anda untuk bernyanyi di kamar mandi — bahkan dengan hanya cukup mendengarkan musik saja, akan memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

Pilihlah Lemak yang Baik

Beberapa lemak adalah penting sebagai dasar untuk membangun sel dan untuk membentuk zat prostaglandins, yaitu semacam senyawa hormon yang membantu mengatur respon sistim immune kita terhadap infeksi, seperti sebuah mekanisme yang bereaksi dengan menghasilkan sel darah putih untuk melawan serangan kuman dari luar. Atlit italia dengan pola makan rendah lemak ditemukan secara signifikan kekurangan sel-sel tersebut. Rahasia untuk meningkatkan sistim immune anda? Pilih lemak dengan bijaksana. Lebih memilih lemak nabati tak jenuh daripada lemak jenuh hewani yang akan mengurangi kemampuan sel darah putih untuk melenyapkan bakteri. Hindari juga lemak trans, lemak hasil olahan berlabel “hydrogenated” atau “partially hydrogenated”. Sering kali ditemukan di makanan olahan dan makanan yang dipanggang, yang akan menggangu sistim immune kita.

Jauhi Makanan yang Manis-Manis

Hanya dengan 10 sendok teh kandungan gula – yang identik dengan jumlah pada 2 kaleng minuman soda atau berkarbonasi – sudah cukup untuk mengurangi kemampuan sel darah putih untuk membunuh bakteri. Pilihan yang bisa diambil sebagai gantinya adalah pemanis alami semacam pemanis yang terbuat dari tumbuhan stevia untuk meningkatkan sistim immune.

Konsumsi Ikan Baik untuk Kesehatan

Ikan yang berminyak seperti ikan sardines, makarel mengandung protein – mendasar untuk membangun sel yang meningkatkan sistim kekebalan tubuh – dan asam lemak yang biasa disebut omega-3s yang berfungsi mengatur fungsi immune tubuh. Ketika tubuh diserang, peradangan akut adalah reaksi paling awal dari tubuh. Tapi omega-3s menurunkan proses peradangan tersebut dan kemudian membantu melakukan proses pemulihan dan bahkan menekan pertumbuhan sel kanker. Di beberapa percobaan klinis, omega-3s juga ditemukan mampu mengaktifkan bagian dari sistim immune tubuh yang mematikan aktifitas penyerangan ketika prosesnya tersebut selesai.

Mushroom Baik untuk Kesehatan

Reishi mushroom telah menjadi barang berharga di daerah timur jauh lebih dari 2.000 tahun. Para ahli sekarang mengetahui kenapa jamur tipe ini mampu menstimulasi produksi T-cell — sel darah putih yang terlibat di dalam melindungi tubuh dari infeksi. Jamur tersebut menaikkan tingkat kandungan zat yang memperkuat respon kekebalan tubuh. Juga mampu menunjang tidur dan mengurangi stress dengan menekan produksi hormon adrenalin di dalam tubuh.

Makan lebih Banyak Jeruk

Vitamin C, ditemukan dalam kandungan yang tinggi di jeruk, lemon, jeruk nipis, anggur, yang akan meningkatkan aktifitas dari phagocytes (sel tubuh yang mencerna bakteri) di dalam darah. Tubuh tidak bisa menyimpan kelebihan vitamin C, sehingga anda harus mengkonsumsi setiap hari untuk meningkatkan sistim kekebalan tubuh anda.

Bergerak Aktif

Cara lain untuk meningkatkan kekebalan tubuh? Bergerak aktif!! Sistim kekebalan tubuh anda akan memberikan reaksi terhadap olahraga dengan memproduksi lebih banyak sel darah untuk pertahanan tubuh. Dan semakin teratur anda berolahraga, semakin perubahan tersebut akan bertahan lebih lama. Riset menunjukkan bahwa orang yang berolahraga secara moderat dengan 5 atau 6 kali seminggu didapati memiliki ketahanan tubuh terhadap penyakit flu dan radang tenggorokan dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak secara aktif berolahraga.

Tidur yang Cukup

Intensitas yang memadai adalah kuncinya. Jika anda melakukan latihan secara intensif 90 menit, maka produksi sel yang melawan bakteri – macrophages – akan berhenti sementara dan ini menaikkan resiko infeksi. Oleh karenanya selalu melakukan proses pemulihan yang cukup setelah berolahraga dengan berat agar memperkuat kembali sistim kekebalan tubuh anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here