Pantangan Makanan untuk Penderita Fatty Liver

0

elaborasi.com, – “You are what you eat”. Ini bukan saja kutipan yang sering kita dengar, tapi juga sebuah pernyataan yang harus dipraktekan, untuk menghindari masalah-masalah yang tidak diinginkan seperti penyakit fatty liver yang bisa muncul pada tubuh anda dikarenakan faktor pemilihan makanan yang kurang baik. Penyakit fatty liver dapat dikatakan secara sederhana adalah berarti anda memiliki kelebihan lemak dalam jumlah besar di organ hati anda, yang bisa mengarah pada kerusakan fungsi hati itu sendiri. Salah satu penyebabnya adalah faktor pola makan yang memegang peranan penting di dalamnya. Beberapa jenis makanan banyak dikaitkan sebagai penyebab berkembangnya penyakit fatty liver tersebut dan hal itu jelas harus dihindari.

ALKOHOL

Alcohol adalah penyebab utama dari penyakit fatty liver maupun beberapa penyakit yang lain. Konsumsi alkohol secara berlebihan akan merusak organ hati dikarenakan racun yang terbentuk akan membuat organ hati tidak bisa memecah lemak secara baik; lemak kemudian akan berakumulasi di organ hati dan mengarah pada konsekwensi yang berbahaya. Konsumsi Alkohol secara moderat bisa merupakan pilihan yang baik, meski lebih baik untuk dihindari karena alkohol itu sendiri juga memiliki efek kerugian lain yang serius.

MAKANAN MENGANDUNG GULA

Produk dengan kandungan gula seperti permen, kue, roti-rotian ataupun makanan yang mengandung gula olahan lainnya dapat menyebabkan obesitas dan gula darah yang tinggi, menambah kandungan lemak yang terbentuk di dalam tubuh terutama di dalam organ hati, oleh karena itu, mengurangi konsumsi makanan-makanan tersebut sangat dianjurkan. Diabetes tipe 2 adalah faktor resiko lain yang orang-orang ingin hindari – cobahlah untuk mengurani makanan yang manis-manis digantikan dengan buah-buahan.

MAKANAN YANG DIGORENG

Makanan ini mengandung minyak jenuh dan mengandung kalori yang tinggi. Gaya hidup yang tidak aktif (sedentary) digabungkan dengan pola makan ini dapat memicu permulaan dari akumulasi lemak yang lebih banyak di dalam tubuh, oleh karenanya mengukus dan merebus atau bahkan memanggang bisa menjadi pilihan yang lebih sehat daripada menggorengnya. Anda bisa memanggang apapun yang umumnya makanan itu harusnya digoreng, dengan pengecualian bahwa makanan yang bentuknya lengket dan berminyak tetap tidak baik untuk anda.

GARAM

Konsumsi garam yang berlebihan dapat menjadi penyebab tekanan darah menjadi lebih tinggi dan kerusakan organ hati. Mengurangi konsumsinya kepada batasan ideal tidak lebih dari 1.500 mg per hari untuk dewasa dan khususnya untuk penderita tekanan darah tinggi telah terbukti menunjukkan bisa memperbaiki tekanan darah, organ hati dan jantung. Mungkin awalnya akan merasakan segala makanan yang kita makan adalah hambar semua tapi lama kelamaan sensitifitas tubuh anda juga akan menyesuaikannya, anda akan merasakan betapa kayanya rasa makanan meski hanya dengan kandungan garam yang sangat minimal atau bahkan tidak ada sama sekali.

GANDUM OLAHAN

Jenis ini termasuk adalah roti putih, beras dan pasta. Makanan ini biasanya berwarna putih yang artinya bahwa tepung yang dihasilkan telah diproses dengan serat alamiahnya yang dihilangkan. Makanan jenis ini pula dapat meningkatkan kadar gula darah melebihi dari bentuk awalnya ketika dicerna. Proses pengolahannya menjadi faktor yang penting untuk mendapatkan konsumsi yang lebih sehat dari makanan jenis ini.

DAGING MERAH

Daging sapi mengandung lemah jenuh yang tinggi sehingga dapa menyebabkan penambahan lemak dan kalori di dalam tubuh. Sebuah pilihan yang lebih baiknya adalah daging putih atau ikan, yang bagus untuk organ hati anda. Anda dapat mengkonsumsinya dalam jumlah yang moderat tapi tetap harus diperhatikan porsinya dan kandungan gizi dari makanan lainya.

SODA DAN JUS BUAH-BUAHAN

Minuman bersoda dan jus buah-buahan umumnya banyak mengadung gula olahan dan fruktosa, yang bisa menyebabkan kerusakan pada organ hati dan lippogenesis. Pilihan lain yang menyehatkan adalah pada buah-buahan dan sayuran alami atau dengan smoothy buah-buah tersebut.

MAKANAN OLAHAN / CEPAT SAJI

Makanan jenis ini memang cepat untuk disajikan dan lezat, tapi sebagian besar kandungannya adalah tidak sehat sama sekali. Lupakan terlebih dahulu mengenai lemak dan kandungan kalori yang ada didalamnya, Makanan jenis ini juga bisa menyebabkan kerusakan organ hati, jantung dan menyebabkan penyakit stroke. Oleh karena, pikirkan matang-matang ketika makan diluaran untuk pilihan yang lebih sehat. Organ hati dan tubuh anda sudah selayaknya diperlakukan dengan perhatian yang sebaik-baiknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here