Pesona Kesunyian di Telaga Menjer

0

Telaga Menjer merupakan telaga alam yang terluas di Kab. Wonosobo, berada pada ketinggian 1300mdpl diatas permukaan air laut dengan luas 70Ha dan kedalaman mencapai 50m. Telaga Menjer terletak di Desa Maron Kecamatan garung, 12km sebelah utara Kabupaten Wonosobo.

Telaga ini dulunya hanya berupa mata air kecil yang kadang meluas di waktu-waktu tertentu. Kemudian setelah terjadinya letusan vulkanis di kaki gunung pakuwaja. Mata air kecil tersebut berubah membentuk cekungan besar yang selanjutnya menjadi danau seperti sekarang.

Danau menjer atau yang lebih dikenal dengan sebutan telaga menjer merupakan telaga terluas di dataran tinggi dieng. Luasnya bahkan lebih besar dari telaga warna yang juga merupakan objek wisata unggulan di kawasan tersebut.

Meski tidak berada di ketinggian yang sama dengan telaga warna, hawa udara di tempat ini juga cukup sejuk. Dengan lokasinya yang berada di ketinggian 1.300 mdpl, wajar saja jika ia berselimut udara khas pegunungan.

Lalu, disamping menjadi objek wisata, telaga menjer juga menjadi satu-satunya sumber irigasi untuk lahan pertanian penduduk. Karenanya, bisa dikatakan bahwa keberadaannya sangatlah berharga bagi mereka.

Kemudian, dengan dijadikannya telaga menjer sebagai objek wisata. Masyarakat pun bisa mengais rizki tambahan dengan berjualan makanan, menyewakan perahu dan menjadi juru parkir.

Selain itu, ia juga dijadikan sebagai lokasi budidaya ikan oleh para penduduk.
Oh iya, selain hal-hal di atas, telaga menjer juga memiliki peran vital untuk memastikan kawasan pemukiman penduduk terus teraliri listrik dengan baik. Hal tersebut, disebabkan karena ia adalah pemasok energi utama bagi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) garung. Peran tersebut bahkan telah dilakoni oleh telaga menjer sejak tahun 1982.

Daya tarik

Telaga Menjer Wonosobo
Telaga Menjer, Wonosobo

Menapaki kawasan telaga pertama kali, anda akan langsung disambut dengan indahnya panorama alam yang membentang di sekelilingnya. Di tengah telaga, tampak bias cahaya matahari yang mengenai permukaan air, membentuk kilauan seperti mutiara. Sementara di pinggirnya, puluhan perahu berjejer menunggu pengujung, dan di atasnya, tampak hamparan perkebunan teh yang menghijau seluas mata memandang.

Lalu di lokasi yang terlihat sama dengan lokasi perkebunan teh, anda juga dapat menyaksikan kokohnya gunung sindoro dan gunung kembang yang seolah berfungsi sebagai benteng pertahanan telaga menjer.

Berlibur di sebuah lokasi wisata tentunya tidak akan terasa bermakna jika tidak diisi dengan kegiatan atau aktivitas tertentu. Nah ketika berada di telaga menjer, maka anda bisa membuat liburan lebih menyenangkan dengan melakukan beberapa aktivitas berikut ini.

Bersantai

Di beberapa titik di pinggir telaga menjer terdapat taman-taman kecil yang bisa dijadikan sebagai lokasi bersantai. Bersama keluarga, anda bisa memandang indahnya lanskap telaga menjer berlatar perkebunan teh dan pegunungan. Sembari bersantai, tambahan suara kriuk-kriuk dari makanan dan minuman ringan yang anda santap sepertinya akan semakain menamah keriuhan suasana.

Mengelilingi Telaga Dengan Perahu

Jika anda ingin mengeksplore keindahan telaga menjer lebih lengkap. Maka anda bisa melakukannya dengan berkeliling menggunakan perahu. Hanya dengan membayar biaya sewa sebesar Rp. 20000, anda sudah bisa berkeliling sepuasnya selama kurang lebih 30 menit.

Memancing Ikan

Para pengunjung yang datang ke tempat ini juga sering menghabiskan waktu mereka dengan memancing ikan. Jika anda menyukai aktivitas ini, maka anda juga bisa mencobanya. Lokasi pemancingan yang biasa dijadikan sebagai tempat berkumpul bagi para pemacing, ialah di tempat-tempat budidaya ikan penduduk. Jika lupa membawa pancing. Maka anda bisa membeli ataupun menyewa peralatan memancing pada para penjual di sekitaran telaga.

Spot Untuk Pengambilan Foto

Aktivitas terakhir yang bisa dilakukan di tempat ini ialah berburu foto. Objek pertama yang bisa dijadikan sebagai target tentunya telaga menjer itu sendiri. Hamparan air yang luas dan panorama sekelilingnya, adalah objek yang sangat sayang untuk dilewatkan. Selain itu, hijaunya perkebunan teh juga sepertinya layak untuk diabadikan. Sesekali, cobalah untuk menjadikan objek telaga tersebut sebagai latar untuk berselfie.

Lokasi dan Rute menuju ke Telaga Menjer

Meskipun telaga menjer berlokasi di dataran tinggi dieng, namun ternyata ia tidak disertakan dalam paket kawasan wisatanya.

Hal ini mungkin karena lokasi persisnya memang tidaklah berada di komplek kawasan wisata tersebut. Alhasil, objek wisata telaga menjer ini menjadi objek wisata yang berdiri sendiri.

Secara administratif, telaga menjer berlokasi di desa maron, kecamatan garung, kabupaten wonosobo, jawa tengah. Jaraknya dari pusat kota wonosobo adalah sekitar 12 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Rute untuk sampai di tempat ini sama persis seperti rute untuk menuju ke kawasan wisata dataran tinggi dieng. Hanya saja, telaga menjer terletak di lokasi sebelum kawasan wisata dataran tinggi dieng tersebut.

Namun jika anda memang belum pernah datang ke objek wisata di dataran tinggi dieng, maka secara detil rute yang biasa anda lalui ialah sebagai berikut.

Jika anda datang dari luar kota wonosobo, maka patokan awal untuk memulai perjalaan adalah alun-alun wonosobo.

Dari alun-alun ini, anda selanjutnya bisa memulai perjalanan dengan melewati jalan dieng yang berada di sebelah barat alun-alun tersebut.

Ikuti terus jalan dieng hingga sampai di pasar garung. dari alun-alun wonowobo, pasar ini berjarak sekitar 8 kilometer. Selanjutnya dari pertigaan pasar garung, silahkan ambir jalur ke kiri kemudian lurus terus hingga sampai di telaga menjer. Jalur dari pasar garung hingga lokasi wisata agak menanjak dan terdapat banyak belokan. Jadi anda harus berhati-hati dan benar-benar fokus saat berkendara.

(Sumber berita dari jejakpiknik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here