6 Efek Yang Mengejutkan dari Kegemukan

0

elaborasi.com, – Ada alasan bagus mengapa obesitas diklasifikasikan sebagai penyakit beberapa tahun yang lalu: Obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit autoimun (kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuhnya sendiri), seperti penyakit Crohn dan sklerosis multipel, menurut meta-analisis yang diterbitkan di Ulasan Autoimunitas.

Terkejut? Ternyata suatu hormon yang dikeluarkan oleh jaringan lemak dapat menciptakan lingkungan yang menimbulkan peradangan dan memungkinkan penyakit autoimun berkembang, menurut penelitian. Sayangnya, penyakit autoimun bukan satu-satunya akibat dari obesitas. Berikut adalah beberapa lagi:

KANKER

Khususnya, payudara, usus besar, endometrium, kerongkongan, kandung empedu, ginjal, pankreas, dan kanker tiroid. Lemak menghasilkan kadar estrogen yang tinggi, yang dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih tinggi, dan leptin (sejenis adipokin), yang dapat merangsang pertumbuhan sel kanker. Menurut National Cancer Institute, akan ada tambahan setengah juta kasus kanker baru pada tahun 2030, jika tren obesitas terus meningkat.

RESIKO PENYAKIT JANTUNG PADA ANAK ANDA

Anda sudah tahu bahwa obesitas meningkatkan risiko penyakit jantung, tetapi itu juga berita buruk bagi anak-anak anda. Anak-anak dari ibu yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko penyakit jantung atau kematian 90 persen lebih tinggi, menurut penelitian yang dipresentasikan di American Heart Association 2014 Scientific Sessions di Chicago.

FATTY LIVER (ORGAN HATI BERLEMAK)

Penyakit hati berlemak non-alkohol adalah penyakit hati nomor satu di AS. Menurut CDC, sekitar 29 juta orang Amerika menderita karenanya. Obesitas menyebabkan resistensi insulin, yang mungkin berkontribusi pada penyakit.

SLEEP APNEA

Efek obesitas pada tidur berasal dari kelebihan berat yang menghalangi saluran udara bagian atas, baik melalui pembesaran amandel, pembesaran lidah, atau peningkatan lemak leher, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the American Thoracic Society.

MENINGKATNYA IJIN SAKIT

Efek dari obesitas menimbulkan efek ke tempat kerja adalah dengan menurunya produktivitas dan meningkatkan jumlah hari ijin sakit karena penyakit yang terkait dengan obesitas tersebut, kata Journal of Occupational and Environmental Medicine. Para peneliti memperkirakan bahwa ini mungkin merugikan bisnis Amerika $ 8,65 juta dolar per tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here